Jumat, 11 Maret 2016

Persiapan Merawat Kacer Lomba

Persiapan Merawat Kacer Lomba - Kacer merupakan salah satu burung yang banyak diminati dan dilombakan. Ya, saat ini burung tidak hanya digunakan sebagai pajangan halaman rumah untuk menghadirkan suara-suara merdu. Tapi kini mereka dirawat dan sebagai pencinta burung mereka pun melakukan perlombaan kicauan burung terbaik. Kacer dikenal memiliki warna yang eksotis dan suara indah. Sebelum melakukan lomba, dibutuhkan persiapan merawat kacer lomba.

cara merawat kacer yang baik,rawatan kacer lomba,persiapan kacer sebelum lomba,menyiapkan kacer untuk lomba,perawatan kacer menjelang lomba,perawatan harian kacer,
Baca juga: Tips Merawat Kenari Agar Cepat Gacor dan Menang Lomba
Tentunya hal ini perlu dipersiapkan sebelum mengikutsertakan kacer dalam perlombaan karena tentunya kacer yang dilombakan bukan kacer sembarang, kualitas suaranya pasti sudah diperhitungkan. Segala sesuatu yang bertujuan untuk lomba pasti harus dipersiapkan dengan matang. 

UntukItu, Berikut Ini Kami Sajikan Cara Merawat Kacer Lomba Untuk Persiapan Lomba

1. Pemberian makan yang tepat

Sama halnya dengan tubuh manusia, hewan, termasuk unggas membutuhkan asupan gizi yang tepat untuk pertumbuhan tubuhnya sehingga bisa berkembang dengan baik. Begitu juga burung kacer, membutuhkan cara merawat kacer lomba yang ekstra sebab kacer untuk lomba harus memiliki suara yang benar-benar indah supaya bisa bersaing. Porsi makanan yang pas akan berdampak pada energi yang dikeluarkan burung. Cukup beri 2 ekor jangkrik pada pagi dan sore hari supaya burung mau menghemat tenaganya untuk perlombaan dan tidak membuang kicauan, terutama pada siang hari.

Namun jika Anda memelihara kacer hanya sebagai burung rumahan, tentunya merawat kacer lomba harus memberi jangkrik lebih banyak supaya berkicau sepanjang hari dan menambah keindahan rumah. Berikan jangkrik minimal 5 ekor setiap pagi dan sore.

cara merawat kacer yang baik,rawatan kacer lomba,persiapan kacer sebelum lomba,menyiapkan kacer untuk lomba,perawatan kacer menjelang lomba,perawatan harian kacer,

2. Berikan ekstra food

Proses merawat kacer lomba selanjutnya adalah memberikan extra food (EF) sebagai makanan tambahan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, vitamin, mineral dan nutrisi yang dibutuhkan. Makanan ekstra atau tambahan ini dapat berupa orong-orong, belalang dan hewan lain yang kaya akan kandungan protein. Berikan EF sebanyak 2-4 kali lipat setiap harinya.

3. Pemandian dan penjemuran

Pemandian dan penjemuran termasuk dalam tips merawat kacer lomba. Penambahan makanan biasanya akan menimbulkan efek birahi berlebihan, maka untuk menguranginya, Anda harus memandikan kacer pada malam hari. Jika birahinya berlebihan, tentu hal ini dapat menyebabkan kacer menjadi mbagong. Trik merawat kacer lomba berikutnya adalah dengan menjemur kacer pada saat H-2 perlombaan. Jemurlah kacer selama kurang lebih 30 menit. Jangan terlalu lama menjemur kacer sebab ketika perlombaan nanti tiba, burung kacer akan dijemur lagi.

4. Beri makanan tambahan lagi pada H-1

Pada H-1 atau sehari sebelum lomba dimulai, sebaiknya ketika matahari hampir terbenam, berilah 10 ekor jangkrik. Merawat kacer lomba memang tidak mudah. Bahkan beberapa penggemar burung bisa memberikan lebih dari 10 sampai 50 ekor jangkrik supaya burung bisa tampil dengan optimal saat perlombaan.

5. Mandikan burung 1 jam sebelum lomba

Satu jam sebelum perlombaan dimulai, lakukan settingan kacer juara dengan memandikan burung terlebih dahulu dan berilah 3-6 ekor jangkrik. Kemudian tambahkan juga ulat Hongkong sekitar 6-15 ekor. Saat burung sedang dalam perlombaan, berilah lagi 3 ekor supaya bisa merangsang burung.

Demikian ulasan mengenai cara merawat kacer lomba dan semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang giat memelihara kacer lomba.

Masukan Email Langganan:

Back To Top