Selasa, 22 Maret 2016

Tips Rahasia Cara Perawatan Kenari Mabung yang Tepat

Rahasia Cara perawatan kenari mabung harus dilakukan dengan tepat agar burung kenari yang sedang berganti bulu ini tidak stres dan mati. Memberikan kenyamanan pada burung kenari ketika sedang mabung adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh para pemelihara burung kenari. Biasanya kenari akan mabung setiap satu tahun kali di bulan yang sama. Jika kenari Anda sudah pernah mabung maka satu tahun kemudian juga akan mabung. Siklus mabung ini akan berlangsung setiap satu tahun sekali bagi kenari yang sehat dan tidak stres. Namun jika kenari mengalami stres, mabung bisa terjadi lebih dari sekali dalam satu tahun.

perawatan kenari setelah mabung,perawatan kenari mabung omkicau,perawatan kenari mabung umur 3 bulan,perawatan kenari mabung pertama,cara perawatan kenari mabung pertama,
Baca juga: Penyebab dan Cara Merawat Kacer Mbagong
Cara perawatan kenari mabung tidak sama dengan kenari yang sehat. Biasanya burung kenari yang sedang mabung akan cenderung lemas dan tidak mau berkicau. Burung yang tadinya gacor berkicau tiba-tiba akan terdiam ketika sudah memasuki masa mabung. Jika kenari Anda menunjukkan tanda-tanda tersebut, bisa jadi kenari Anda sedang dalam proses mabung. Segeralah untuk menerapkan cara perawatan kenari mabung yang tepat agar burung kenari yang sedang mabung bisa merasa nyaman dan stres selama mabung. Kenari yang sedang mabung dan tidak diberi perawatan khusus akan tambah stres dan bisa menyebabkan kematian.

Lalu, bagaimana cara perawatan kenari mabung yang tepat? Perawatan burung kenari pada saat mabung yang paling utama adalah meletakkan burung di tempat yang sepi dan tenang. Hindari untuk meletakkan burung di tempat yang ramai lalu lalang orang. Ketika mengalami mabung burung kenari membutuhkan tempat yang sepi dan nyaman agar dia tidak mudah stres. Anda bisa menempatkan burung kenari di ruang yang sepi dengan cara di kerodong dan dibiarkan saja. Walaupun dikerodong, namun cara perawatan kenari mabung tetap harus baik agar tidak mati.

perawatan kenari setelah mabung,perawatan kenari mabung omkicau,perawatan kenari mabung umur 3 bulan,perawatan kenari mabung pertama,cara perawatan kenari mabung pertama,


Lama kenari mabung berbeda-beda, ada yang cepat ada pula yang lama. Waktu mabung burung kenari ini bergantung dengan keadaan sang burung. Burung kenari yang sehat akan mengalami mabung dalam waktu yang tidak lama namun jika kenari dalam keadaan yang stres mabung bisa terjadi sampai berbulan-bulan. Kenari yang mabung dalam waktu yang lama sebaiknya dirawat dengan khusus agar mabungnya cepat selesai. Perawatan kenari mabung ini harus intensif dan yang terpenting jangan dekatkan kenari dengan burung lain ataupun diletakkan di tempat-tempat yang ramai.
Selain di tempatkan di tempat yang sepi, cara perawatan kenari mabung bisa dilakuakan dengan pemberian pakan. Hindari untuk memberikan EF terlalu banyak karena EF bisa meningkatkan birahi kenari. Birahi kenari yang terus meningkat akan mengganggu proses mabung kenari. Cara perawatan kenari mabung yang tepat dalam pemberian pakan adalah dengan memberikan pakan poor dan juga penambahan multivitamin biasa agar burung kenari tetap sehat dan cepat selesai mabungnya. Perawatan kenari setelah mabung sebaiknya kembali ke perawatan semula sebelum mabung.

Masukan Email Langganan:

Back To Top