Selasa, 23 Februari 2016

4 Tips Merawat Cucak Ijo Mabung Dengan Tepat

Tips merawat cucak ijo mabung dengan tepat - Cucak ijo mabung termasuk sejenis burung terkenal akan suaranya yang begitu indah. Jika Anda pencinta burung khususnya burung yang satu ini, pastikan untuk mengetahui cara perawatan yang tepat. Cara merawat cucak ijo mabung perlu diperhatikan dengan benar agar suara merdunya tidak hilang, serta keindahan bulunya pun tetap terjaga dengan baik. Adapun mabung dengan istilah molting, artinya yaitu merontokkan di mana burung ini memang biasa mengalami tahap pergantian warna pada bulu atau mabung.

cucak ijo mabung nyulam,ciri ciri cucak ijo mabung,cucak ijo mabung berapa lama,perawatan cucak ijo mabung om kicau,cucak ijo mabung macet bunyi,perawatan cucak ijo mabung total,
Baca juga: Tips Merawat Lovebird Lomba Agar Cepat Juara
Ada beberapa tips merawat cucak ijo mabung dengan tepat dan benar agar cucak ijo tetap terjaga dengan baik sebagai berikut ini.

Langkah Perawatan Agar Dilakukan Dengan Tepat

1. Selalu Mengecek Kesehatan Cucak Ijo

Langkah pertama merawat cucak ijo mabung adalah dengan selalu mengecek kesehatan burung cucak ijo kesayangan Anda. Anda harus memastikan jika burung cucak ijo tak terkontaminasi penyakit ataupun virus. Adapun virus umum yang menyerang burung contohnya virus circovirus dan polyma. Virus-virus inilah yang bisa memperlambat laju pertumbuhan pada bulu burung saat sedang mabung. Untuk merawat cucak ijo mabung yang pertama ini bisa dengan membasmi hama seperti mikroba, cacing atau kutu. Bisa juga dengan membawa ke dokter.

2. Pemberian Ekstra Fooding

Langkah merawat cucak ijo mabung berikutnya adalah dengan pemberian ekstra fooding atau EF. Burung yang tengah mabung tentunya dengan kondisi kekurangan gizi atau nutrisi, dengan begitu daya tahan tubuhnya pun akan menurun. Maka dari itu, untuk merawat cucak ijo mabung dengan tepat pastikan memberikan porsi EF jangkrik yang lebih banyak, ditambah pemberian pisang atau pepaya untuk nutrisi tambahan.

cucak ijo mabung nyulam,ciri ciri cucak ijo mabung,cucak ijo mabung berapa lama,perawatan cucak ijo mabung om kicau,cucak ijo mabung macet bunyi,perawatan cucak ijo mabung total,

3. Tahap Pemasteran

Burung cucak ijo termasuk burung yang mudah sekali kehilangan memori dari suaranya yang kerap kali dinyanyikan. Maka dari itu, penting melakukan cara merawat cucak ijo mabung yang macet suara dengan melakukan pemasteran saat burung mabung. Hal ini dikarenakan burrung tersebut menjadi lebih mudah untuk menambah memori dan diisi suara ketika burrung sedang mabung.

4. Tahap Pemandian dan penjemuran

Hal yang tak boleh Anda lupakan dalam cara merawat cucak ijo mabung ini adalah tahap pemandian dan penjemuran. Akan tetapi, harus diingat untuk tidak memandikan burrung cucak ijo jika mabungnya kian sering. Bisa dilakukan seminggu sekali untuk tahap pemandian, sementara penjemuran sendiri sangat baik bagi pertumbuhan bulunya. Pastikan Anda menjemurnya hingga 20 menit untuk tiap harinya. Jangan lupa pula untuk memberi pakan burrung dengan teratur dengan kandungan nutrisi tinggi di dalamnya.

Anda perlu melakukan tahapan-tahapan cara di atas, agar burung cucak ijo tidak kehilangan suaranya dengan bulunya tetap terjaga dengan baik. Perhatikan pemberian pakan burung yang tepat, dengan tambahan nutrisi berupa EF serta perhatikan pula tahap pemandian dan penjemuran burung cucak ijo dengan merawat cucak ijo mabung seperti yang sudah dijelaskan di atas!

Masukan Email Langganan:

Back To Top