Minggu, 20 Maret 2016

Cara Perawatan Kacer Mabung agar Cepat Selesai

Cara Perawatan Kacer Mabung agar Cepat Selesai - Burung kacer sebagaimana halnya dengan jenis burung kicauan lainnya juga mengalami fase mabung atau dalam istilah biologi disebut dengan molting. Masih banyak dari para pecinta burung kacer yang mungkin masih belum tahu dengan istilah mabung, terutama yang pecinta kacer yang masih awam. Karena proses ini adalah proses alamiah, maka penting bagi Anda mengetahui perawatan kacer mabung agar cepat selesai.

perawatan kacer mabung agar cepat selesai,cara perawatan kacer mabung pertama,ciri2 kacer mabung jantan,mengatasi kacer mabung,kacer mabung dimandikan,cara merawat kacer ngurak,
Baca juga: Tips Cara Perawatan Kacer untuk Lomba Secara Tepat
Mabung adalah proses pergantian bulu lama yang sudah usang dengan bulu baru yang masih segar dan mengkilap. Bagi sebagian burung kacer, proses mabung ini ada yang berjalan lambat akibatnya bulu tidak kunjung rontok. Perawatan burung kacer mabung seperti ini memang tidak boleh asal, perlu pengetahuan mengenai perawatan kacer mabung agar cepat selesai.

Selama periode kehidupannya, burung kacer mengalami fase mabung beberapa kali. Anda tidak perlu khawatir saat kacer sedang mabung, karena sebenarnya perawatan kacer mabung agar cepat selesai tidaklah susah. Anda hanya butuh ketelatenan dan konsistensi ketika memberikan perawatan kacer lagi rontok ini, karena perlakuan ini sifatnya adalah terapi maka hasilnya tidak bisa dilihat secara instant.

perawatan kacer mabung agar cepat selesai,cara perawatan kacer mabung pertama,ciri2 kacer mabung jantan,mengatasi kacer mabung,kacer mabung dimandikan,cara merawat kacer ngurak,


Perawatan kacer mabung agar cepat selesai harus diawali dengan teknik memandikan kacer yang benar. Teknik memandikan kacer dengan benar sangat penting agar bulu yang membandel cepat rontok dan prosesi mabung bisa cepat selesai. Tidak boleh asal ketika memandikan burung kacer yng sedang mabung, sebab ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Bahan yang dibutuhkan untuk perawatan kacer mabung agar cepat selesai yaitu kelapa yang sudah tua, cirinya yaitu kulitnya sudah mulai kering sebagian dan kelapa jadi lebih ringan. Cara penggunaannya yaitu kelapa dipecah kemudian diambil airnya, air kelapa ini lalu dimasukkan ke dalam tempat semprotan yng biasa digunakan untuk memandikan burung.

Setelah air kelapa sudah siap, langkah selanjutnya dalam perawatan kacer mabung agar cepat selesai yaitu dengan memandikan kacer. Cara memandikannya burung harus dikeluarkan dari sangkar sambil dipegang lembut badannya. Setelah itu burung disemprot dengan air kelapa tadi sampai semua bagian tubuhnya basah kuyup, mulai dari kepala, badan, hingga bagian ekor.

Masukkan air hangat dalam wadah khusus, lalu taruh di dasar sangkar. Masukkan kembali kacer yng masih basah ke dalam sangkar, biarkan burung tersebut mandi sendiri dengan air hangat yg sudah disiapkan. Setelah selesai mandi, bagian terakhir dari perawatan kacer mabung agar cepat selesai yaitu dengan menjemur kacer tubuhnya agak kering.

Kacer selanjutnya diangin-anginkan, lalu sangkarnya dikerodong. Perlakuan ini harus rutin dilakukan setiap hari selama 1 sampai 2 minggu. Nah, demikianlah cara perawatan kacer mabung agar cepat selesai, semoga bermanfaat untuk Anda para pecinta burung kacer.

Masukan Email Langganan:

Back To Top